Penggunaaan SeekToAction untuk pencarian video di google

Google secara resmi meluncurkan SeekToAction untuk momen-momen penting pada hasil pencarian video. Sebelumnya info ini sudah di umumkan di  acara Google I/O, dan secara resmi kini “markup SeekToAction”  keluar dari versi beta dan telah dapat digunakan.

Waktu itu saat Google I/O (2021), mereka mengumumkan cara baru bagi Google untuk memahami sistem memberi stempel waktu pada video Anda untuk momen-momen penting di Google Penelusuran. Hari ini (19/06-21), Google mengatakan bahwa markup SeekToAction sekarang sudah keluar dari versi beta dan dapat digunakan untuk situs apa pun dengan video.

Apa momen-momen penting? Momen penting ditampilkan di Google Penelusuran untuk video tempat Google dapat menentukan bagian stempel waktu video. Google memungkinkan pencari melompat ke bagian video (momen penting), langsung dari hasil pencarian.

Momen penting itu sekarang terlihat seperti ini:

SeekToAction

Sebelumnya, Google menggunakan deskripsi YouTube dan stempel waktu dalam deskripsi untuk membuat stempel waktu momen penting ini. Markup SeekToAction ini (dokumen pengembang di sini) memberi tahu Google bagaimana struktur URL Anda bekerja sehingga Google dapat menampilkan momen-momen penting yang secara otomatis diidentifikasi untuk video Anda. Meskipun properti “SeekToAction” tidak diperlukan, Anda harus menambahkan properti “potentialAction”, potentialAction.startOffset-input, dan potentialAction.target jika Anda ingin Google memahami cara kerja struktur URL Anda, sehingga dapat menautkan pengguna ke suatu titik di dalam video, kata Google .

“Yang harus Anda lakukan adalah memberi tahu Google pola URL untuk melompat ke penanda  waktu tertentu dalam video Anda. Google kemudian akan menggunakan AI untuk mengidentifikasi momen-momen penting dalam video, dan menampilkan tautan langsung ke momen-momen tersebut di hasil Penelusuran,” kata Google.

Kiat untuk SeekToAction. Google telah mencantumkan kiat-kiat ini untuk menggunakan markup “SeekToAction” untuk video Anda:

  • URL Anda harus memiliki kemampuan untuk menautkan dalam ke beberapa titik selain titik awal dalam video. Misalnya, http://www.example.com/example?t=30, artinya video dimulai setalah 30 detik.
  • Gunakan markup SeekToAction di setiap halaman video tempat Anda ingin Google mengidentifikasi momen penting secara otomatis, dan ikuti panduan tambahan kami. Berikut contoh detailnya.
  • Untuk mengidentifikasi momen penting dalam video Anda secara otomatis, Google harus dapat mengambil file konten video Anda.

Google menjelaskan bahwa markup SeekToAction hanya berlaku untuk video yang disematkan di situs Anda sendiri.

Mengapa kita harus memahaminya. Karena semakin banyak video yang ditampilkan di Google Penelusuran, Anda harus berupaya membuat video Anda menonjol dari yang lain. Menggunakan markup SeekToAction dapat membantu memperkaya hasil video Anda di Google Penelusuran untuk membantu meningkatkan rasio klik-tayang dari Google Penelusuran ke video Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *