Pelajaran 7, Isi dan konteks situs untuk pengguna

Hasil pencarian untuk kueri tertentu dapat bervariasi dari pengguna ke pengguna. Bukan berarti semua orang melihat hasil yang sama sekali berbeda. Sebaliknya, semua orang melihat banyak tampilan hasil pencarian yang sama. Tetapi juga akan ada beberapa daftar yang muncul karena di mana seseorang berada, siapa yang mereka kenal, atau bagaimana mereka menjelajahi web.

Mesin telusur juga mencoba mencocokkan hasil yang mereka berikan dengan maksud mengarahkan kueri pengguna. Saran Google untuk SEO adalah merancang konten Anda dengan mempertimbangkan pengguna

Negara

Pengguna melihat hasil yang relevan dengan negara tempat mereka berada. Pengguna di indonesia yang menelusuri “skor sepak bola semalam” akan melihat hasil dari pertandingan sepak bola liga indonesia, sedangkan seseorang di Inggris Raya akan melihat hasil untuk jenis pertandingan sepak bola yang ada dinegaranya.

Mempertimbangkan geografi, bahasa, dan budaya suatu wilayah akan membantu memastikan bahwa konten Anda berbicara kepada pengguna di area yang Anda layani. Jika situs Anda tidak dianggap relevan dengan negara tertentu, maka Anda memiliki lebih sedikit kesempatan untuk muncul saat personalisasi negara terjadi. Jika Anda merasa harus relevan, maka Anda mungkin harus mengerjakan SEO internasional Anda. Misalnya, Anda mungkin ingin menggunakan domain tingkat atas kode negara yang sesuai dan menerapkan atribut hreflang untuk menunjukkan bahasa situs Anda.

Jika Anda memiliki konten dalam beberapa bahasa, sebaiknya gunakan URL yang berbeda untuk versi bahasa alternatif halaman Anda. Anda kemudian dapat menggunakan tag hreflang rel=“alternate” untuk memberitahu Google tentang varian bahasa dan wilayah. Melakukannya akan membantu mesin pencari memahami hubungan antara halaman Anda sehingga mereka dapat merayapi dan mengindeksnya dengan lebih akurat.

 

Lokalitas

Jika Anda pernah menelusuri “ABCD… di dekat saya” atau bahkan hanya “berita lokal”, Anda mungkin memperhatikan bahwa mesin telusur memberikan hasil yang disesuaikan dengan kota atau area metropolitan tempat Anda berada saat ini.

Jika Anda ingin muncul di hasil spesifik kota, Anda harus membuat situs Anda relevan dengan area yang Anda layani. Menambahkan alamat bisnis Anda ke situs Anda dan mengkonfigurasi cantuman Google Bisnisku adalah tempat yang baik untuk memulai.

Membangun kehadiran di vertikal khusus industri seperti Yelp atau TripAdvisor juga dapat membantu. Jika merek Anda memiliki beberapa lokasi, sebaiknya sebutkan juga lingkungan atau kota tersebut di situs Anda.

 

Sejarah/history pencarian

Selain sinyal lokasi, Google juga dapat mempersonalisasi hasil berdasarkan konteks langsung dari penelusuran terbaru. Misalnya, jika pengguna telah menelusuri konten terkait musik rock, mesin telusur mungkin menggunakan kueri sebelumnya untuk mengkontekstualisasikan hasil penelusuran berikutnya, “quen”, dan memberikan hasil yang terkait dengan band dan bukan quen ratu.

Berkenaan dengan sejarah sebagai faktor SEO, ini berarti tidak ada hal yang mudah untuk dioptimalkan. Alih-alih, tingkatkan konten dan pengalaman pengguna Anda untuk membuat kesan pertama yang bermakna yang mendorong loyalitas merek. Seiring waktu, ini dapat mendorong pengguna untuk mencari domain Anda di hasil pencarian meskipun itu bukan hasil teratas.

 

Pengalaman Pengguna

Mesin pencari tidak hanya ingin mengarahkan pengguna ke hasil yang paling relevan, mereka juga ingin mengarahkan mereka ke halaman di mana mereka akan mendapatkan pengalaman positif. Lagi pula, seberapa berguna halaman yang relevan jika pengguna dibombardir dengan iklan atau kesulitan menyelesaikan transaksi?

Pengalaman pengguna (UX) mencakup segalanya mulai dari navigasi situs Anda hingga kualitas konten Anda hingga kecepatan situs dan banyak lagi. Dari sudut pandang struktural, Anda ingin membuatnya intuitif bagi pengunjung Anda untuk menemukan apa pun yang mereka cari.

Itu berarti navigasi yang mudah diakses, hierarki halaman yang jelas, dan struktur konten yang mudah diikuti, baik di desktop maupun perangkat seluler.

Memuaskan maksud pencarian pengguna Anda juga akan melakukan keajaiban untuk tampilan situs Anda. Di sinilah kesan pertama penting — jangan membuat pengunjung situs menebak-nebak. Pengunjung harus dapat dengan cepat membedakan apakah Anda menawarkan apa yang mereka cari.

Karena ekspektasi audiens sangat bervariasi, demikian juga tampilan dari situs ke situs. Masuk ke preferensi audiens Anda dan sesuaikan halaman Anda untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Jika penelitian Anda menunjukkan bahwa banyak pengunjung Anda memiliki gangguan penglihatan, pertimbangkan untuk menggunakan font yang lebih besar dan tingkatkan aksesibilitas Anda untuk teknologi bantu. Jika audiens target Anda terpusat di satu wilayah geografis, pastikan bahasa dan konten Anda mencerminkan bahwa Anda melayani wilayah tersebut.

Hati-hati dengan widget atau plugin yang tidak perlu yang memperlambat kecepatan halaman Anda. Tautan rusak dan bahkan kesalahan ketik dan tata bahasa yang buruk menjadi faktor dalam pengalaman pengguna Anda.

Niat

“Mesin pencari terus menjadi lebih canggih dan lebih baik dalam mengukur seberapa baik suatu halaman cocok dengan maksud, dan halaman yang berperingkat baik adalah halaman yang paling menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pencari,” kata kolumnis Search Engine Land dan spesialis pemasaran konten di Page One Power Andrew Dennis.

Halaman yang berbeda di situs Anda kemungkinan besar disesuaikan dengan berbagai tahap perjalanan pelanggan Anda. Memahami bagaimana audiens target Anda mencari di berbagai tahap perjalanan mereka akan membantu Anda menyusun konten dan strategi kata kunci yang memastikan Anda memenuhi kebutuhan spesifik mereka.

Intensi penelusuran biasanya dapat dikategorikan sebagai:

  • Informasional: 

Ini cenderung menjadi kueri corong atas, artinya pengguna memulai penelitian mereka dan mencari informasi lebih lanjut tentang topik atau solusi untuk suatu masalah.

  • Navigasi

Kueri ini biasanya menyertakan nama merek atau perusahaan atau produk atau layanan tertentu. Pengguna mungkin mencari model, produk, atau layanan tertentu atau tertarik dengan berita terbaru tentang perusahaan atau merek.

  • Komersial

Anggap ini sebagai kueri corong tengah. Pengguna lebih dalam dalam proses penelitian dan pertimbangan mereka dan biasanya mencari lebih banyak informasi, termasuk halaman produk atau layanan.

  • Transaksional

Sekarang mereka siap untuk membeli. Ini adalah bagian bawah dari kueri filter — pikirkan [beli], [penjualan], [harga].

Kata-kata adalah petunjuk yang berguna, tetapi niat melampaui apa yang muncul di kotak pencarian. Seorang pengguna yang mencari “ketinggian menara eifel” mungkin melakukan kueri informasi untuk panjang Menara Eiffel, dan dengan kemajuan pembelajaran mesin, mesin pencari dapat menyimpulkan maksud tersebut tanpa pengguna secara eksplisit mengetikkan nama tengara.

pencarian

“Kami mencoba memahami secara mendalam apa yang diinginkan pengguna kami,” kata Frédéric Dubut, pimpinan manajer proyek peringkat web untuk Bing. “Di situlah pembelajaran mendalam berperan: ada banyak cara berbeda untuk mengekspresikan maksud yang sama; kami tidak ingin hanya mengandalkan kata kunci untuk melakukan pencocokan. Jadi, kami mencoba untuk menentukan apa maksud pengguna dengan kueri mereka, apa tujuan dari dokumen tertentu, dan kami mencoba untuk mencocokkan keduanya tidak hanya pada kata kunci, tetapi juga pada tujuannya.”

Yang mengatakan, penelitian kata kunci tidak akan hilang dulu. Seperti yang baru-baru ini dikatakan oleh John Mueller dari Google, “… bahkan jika mesin pencari mencoba memahami lebih dari sekadar kata-kata itu, menunjukkan kata-kata tertentu kepada pengguna dapat membuatnya sedikit lebih mudah bagi mereka untuk memahami tentang halaman Anda dan terkadang dapat sedikit mendorong sedikit dari proses konversi itu.”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *