seo backlink

Pelajaran 6. Pembuatan tautan & backlink

Di sini kita masuk ke elemen lain sebagai satu faktor SEO. Tautan adalah faktor peringkat “offpage” Faktor ini adalah faktor utama pertama yang digunakan oleh mesin pencari yang bersumber dari luar (offpage). Google bukan mesin pencari pertama yang menghitung tautan sebagai “nilai”, tetapi itu adalah mesin pencari pertama yang sangat bergantung pada analisis tautan sebagai cara untuk meningkatkan relevansi ketika memperkenalkan PageRank di 1998.

Tautan, beriringan dengan konten, tetap menjadi salah satu sinyal eksternal terpenting untuk peringkat pencarian Google. Konon, banyak yang telah berkembang, termasuk bagaimana tautan ditafsirkan dan diperlakukan oleh mesin pencari.

Nilai

Tautan secara natural tidak dibuat sendiri. Lagi pula, situs yang tertaut ke Anda mungkin berbeda dalam kualitas dan relevansi dengan industri Anda. Tautan dari publikasi berita dengan reputasi jurnalistik yang kuat akan lebih berharga daripada tautan di bagian komentar blog yang tidak ada hubungannya dengan industri Anda.

Tautan dari situs web dan situs terpercaya berkualitas yang relevan dan bereputasi baik dalam industri Anda cenderung lebih berbobot.

Situs telah lama menggunakan atribut tautan nofollow, pertama pada komentar dan kemudian menandai tautan yang disponsori atau terkait iklan, untuk menjaga agar tautan tersebut tidak dihitung untuk peringkat. Beberapa penerbit bertindak sejauh untuk tidak mengikuti semua tautan keluar di konten mereka untuk menghindari kesan terlibat dalam skema tautan.

Ini berarti bahwa setiap backlink nofollow ke situs Anda tidak akan memberikan kredit ke situs Anda. Namun, sekarang, Google memperlakukan atribut tautan nofollow sebagai “petunjuk” untuk tujuan peringkat dan tautan nofollow ke halaman Anda dapat digunakan untuk sinyal peringkat.

Jangkar / Anchor

Anchor text mengacu pada teks yang dapat diklik yang digunakan dalam hyperlink. Ini biasanya akan menjadi warna yang berbeda (biru, paling umum) dari teks normal dan digarisbawahi. Berikut ini contohnya: teks jangkar ini tertaut ke Tabel Periodik Faktor SEO. Kata-kata yang digunakan dalam tes jangkar dilihat oleh mesin pencari sebagai cara situs web menggambarkan konten atau situs yang ditautkannya.

“Anchor benar-benar memengaruhi SEO Anda,” kata Julie Joyce, direktur operasi untuk agensi pembuat tautan Link Fish Media. “Mereka memberitahu mesin pencari tentang target tautan terkait, tetapi mereka pasti telah digunakan secara berlebihan dan di-spam di masa lalu. Mereka juga memberikan konteks kepada pengguna, karena mereka ‘harus’ memberi tahu pengguna tentang target yang akan mereka klik.”

 

Kiat jangkar

“Meskipun ini tidak selalu menjadi pertimbangan utama (tetapi seharusnya), teks jangkar juga digunakan oleh individu tunanetra yang menggunakan pembaca layar. Sulit untuk menyeimbangkan menggunakan teks jangkar untuk SEO dan untuk kegunaan normal. Setelah SEO terlalu sering menggunakan teks jangkar pencocokan tepat, kita semua menjadi takut dan mulai menggunakan jangkar seperti ‘klik di sini’ yang sangat buruk untuk kegunaan dalam beberapa kasus. Ini pasti hal yang sulit untuk dilakukan dengan benar. ” -Julie Joyce, direktur operasi untuk Link Fish Media

Tentu saja, Anda sering kali tidak dapat mengontrol teks jangkar yang digunakan orang lain untuk menautkan ke situs Anda. Namun, Anda dapat mengontrol teks jangkar pada tautan internal Anda sendiri. “Struktur tautan internal yang dioptimalkan sangat penting untuk kesuksesan membangun tautan,” tulis Andew Dennis, spesialis pemasaran konten di Page One Power.

Berikut adalah beberapa praktik terbaik untuk teks jangkar tautan yang dapat memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengunjung Anda.

Lakukan

  • Gunakan bahasa tata bahasa yang alami dalam teks jangkar Anda.
  • Gunakan kata dan istilah yang relevan.
  • Tetap berpegang pada teks jangkar yang disorot dan digaris bawahi yang biasa digunakan pengguna.
  • Tetap ringkas.

Jangan lakukan

  • Menggunakan teks jangkar yang menyesatkan untuk mengelabui pengguna agar mengklik.
  • Spamming kata kunci dalam teks jangkar.
  • Menggunakan kata kunci secara tidak wajar dalam teks jangkar.
  • Teks jangkar umum (yaitu, “Klik Di Sini”).

 

Tautan Balik /backlink

Tautan balik, juga disebut sebagai tautan masuk, adalah tautan yang mengarah kembali ke halaman Anda dari situs lain. Mereka mengirim sinyal ke mesin pencari yang menunjukkan relevansi dan kualitas konten Anda.

Banyak tautan dapat menambah kesuksesan SEO. Terlebih lagi jika Anda mendapatkan tautan dari banyak situs berbeda. Semua hal dianggap sama, 1.000 tautan dari satu situs berarti jauh lebih sedikit dari 1.000 tautan dari 1.000 situs. Tapi bagaimana dengan kuantitas versus kualitas?

“Dikatakan bahwa kualitas [tautan balik] lebih penting daripada kuantitas, dan itu ideal. Tetapi saya telah melihat terlalu banyak kasus di mana situs dengan lebih banyak tautan diberi peringkat ketika hanya itu yang mereka dapatkan dibandingkan dengan kompetisi, ”kata Julie Joyce, direktur operasi untuk Link Fish Media. “Dalam beberapa kasus, Anda dapat lolos dengan hanya memiliki beberapa backlink, terutama ketika datang ke industri yang lebih kecil di mana persaingannya tidak begitu ketat. Terkadang Anda kehilangan kualitas ketika tujuan Anda lebih, lebih, lebih.”

Hindari spam komentar, pembelian tautan, skema posting tamu, dan pertukaran tautan. Anda dapat mengharapkan untuk dihukum oleh mesin pencari jika Anda tertangkap menggunakan ini atau yang disebut taktik “blackhat”. 

 

Tips tautan

Saat melakukan penjangkauan pembuatan tautan, “Bersikaplah ringkas. Jangan menulis email yang panjangnya lima paragraf berbunga-bunga di mana Anda menjelaskan dengan sangat rinci tentang betapa menakjubkannya situs yang Anda jangkau. Anda perlu meneliti target Anda, karena banyak email dikirim ke situs yang sama sekali tidak relevan yang tidak akan pernah memberi Anda tautan, dan bahkan jika mereka melakukannya, itu bukan tautan yang baik untuk Anda.” – Julie Joyce

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *