seo ilustrasion

Pelajaran 5. Nilai Kepercayaan & Otoritas

Jika mesin pencari dapat memutuskan untuk mempercayai tautan atau akun sosial, dapatkah mereka belajar mempercayai situs web Anda? Pastinya bisa. Ada beberapa faktor yang digunakan untuk membangun situs yang akan dianggap dapat dipercaya oleh pengguna dan mesin pencari. Di sini kita menyelami Faktor SEO berikutnya, yaitu elemen Kepercayaan 

Penjelasannya simpel saja. Maukah anda memberikan nomor kartu kredit ke sebuah situs web itu dan yakin bahwa informasi itu itu akan berada di tangan yang tepat?’ Anda dapat melihat secara ekstrem di mana ada situs web e-niaga yang sangat terkenal yang beroperasi di  indonesia [Shopee] dan, jelas, setiap orang akan memberikan nomor kartu kredit mereka kepada mereka; Anda tahu bahwa nomor kartu kredit Anda ada di tangan yang tepat.”

Dan kemudian, Anda mendapatkan banyak situs web yang memiliki artikel blog yang jelas-jelas terburu-buru dan mereka memiliki banyak kesalahan ketik dan banyak tautan nya yang tidak berfungsi dan ada banyak tanda-tanda aneh yang membuat Anda berpikir, bahwa ada sesuatu yang tidak beres di situs itu. Pastinya Anda tidak akan merasa nyaman memberikan nomor kartu kredit di sana. Sebagai webmaster, sebagai pemilik situs, Anda hanya perlu berpikir, di mana dalam skala ini, Anda? Apakah Anda lebih dekat ke Shopee atau Anda lebih dekat ke situs web itu dengan banyak kesalahan ketik dan tautan-tautan nyatidak berfungsi?

Mari kita pelajari lebih lanjut

Otoritas

Menjadi otoritas biasanya berarti menjadi pemimpin yang diakui secara luas di bidang atau sektor bisnis Anda, dan itu sangat berguna ketika tujuannya adalah untuk mendapatkan peringkat yang baik secara organik.

Andaikan Anda memiliki sebuah situs  yang menawarkan nasihat keuangan atau medis yang penting. Pada tahun 2019 Google mengonfirmasi bahwa untuk situs seperti itu (kueri YMYL),google memberikan bobot lebih pada sistem peringkat dengan melihat faktor-faktor seperti tentang otoritas, keahlian, atau kepercayaan dari halaman yang disajikan sebagai

“Google berkata, ‘Hei, jika kami akan merekomendasikan konten ini kepada orang-orang, kami perlu memastikan konten tersebut dapat dipercaya, berwibawa, dan ditulis oleh seorang ahli,’” kata Editor Berita Search Engine Land Barry Schwartz.

Google terutama menilai otoritas berdasarkan per halaman; namun, sinyal di seluruh situs juga dapat digunakan untuk melengkapi laman individual. Jenis tautan yang diterima halaman Anda (terutama dari situs web terkemuka dan situs lain dalam niche Anda), kata-kata yang digunakan di dalam dan di sekitar tautan balik tersebut, metrik keterlibatan, berapa lama situs Anda telah beroperasi, dan bahkan ulasan dapat digunakan sebagai sinyal untuk mesin telusur untuk mengukur otoritas.

Google juga menggunakan penilai manusia untuk mengevaluasi kualitas halaman yang muncul di hasil teratas dan pedoman yang mereka ikuti referensi keahlian, otoritas, dan kepercayaan (atau EAT). Penilai tidak secara langsung mempengaruhi peringkat, tetapi umpan balik mereka digunakan untuk meningkatkan algoritma penelusuran Google, jadi mempelajari cara mereka menilai laman dapat membantu Anda membuat konten otoritatif yang melayani pengguna dan mesin telusur dengan lebih baik.

eat seo

(Perhatikan bahwa penggunaan alat yang mencoba untuk mengevaluasi “otoritas halaman” atau “otoritas domain” hanyalah penilaian dari perusahaan pihak ketiga berdasarkan bagaimana menurut mereka mesin pencari menilai sesuatu — matrik tersebut sebenarnya tidak digunakan dalam algoritma mesin pencari.)

 

Keterlibatan

Halaman web berkualitas tinggi harus menghasilkan interaksi yang berarti dengan pengguna. Aspek interaksi tersebut dapat diukur melalui metrik keterlibatan seperti waktu di halaman, rasio pentalan, durasi sesi rata-rata, dan sebagainya.

Mesin pencari biasanya enggan mengungkapkan bagaimana, atau bahkan jika, metrik keterlibatan digunakan dalam algoritma mereka. Dan, hanya karena mesin telusur memiliki paten tentang bagaimana keterlibatan dapat digunakan untuk menginformasikan peringkat penelusuran, tidak berarti mesin tersebut sedang menggunakannya.

Namun demikian, konten berkualitas dan pengalaman pengguna adalah bagian besar dari SEO, dan memprioritaskannya harus memiliki efek positif pada tingkat keterlibatan dan konversi Anda.

Anda dapat mendorong lebih banyak keterlibatan dengan mengingat niat pengguna, memperkenalkan konten yang dibuat pengguna dan meningkatkan tautan internal Anda, di antara taktik lainnya. Kami percaya keterlibatan diukur dan jika mesin pencari memasukkan metrik keterlibatan ke dalam algoritma mereka, peringkat Anda akan lebih baik untuk itu.

 

Reputasi

Diperlukan waktu bagi pemilik situs untuk membangun reputasi dengan mengikuti standar yang ketat untuk pengecekan fakta dan pelaporan asli. Reputasi itu membawa banyak bobot di benak pembaca, dan hal yang sama berlaku untuk mesin pencari.

Sinyal pasti yang digunakan mesin pencari untuk mengevaluasi reputasi tidak diketahui, tetapi pikirkan tentang orang-orang, situs, institusi yang reputasinya sangat Anda junjung tinggi. Mereka mungkin telah membangun reputasi itu dari waktu ke waktu dengan memberikan informasi yang andal dan mantap, dikutip oleh orang lain sebagai ahli di bidangnya dan dibicarakan dengan baik oleh mereka rekan kerja atau pelanggan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *