Pelajaran 3. Arsitektur Situs Mempengaruhi Hasil Mesin Pencari

Di Dalam pengaturan Grup on-page yang harus dikelola dengan baik setelah pengelolaan konten adalah pengelolaan adalah arsitektur situs. Faktor Ini memainkan peran penting dalam efektivitas SEO. Faktor-faktor yang akan  mempengaruhi kemampuan menemukan dan kegunaan situs Anda.

Arsitektur yang baik akan membuat konten menjadi lebih mudah diakses dan dijelajahi oleh mesin telusur dan juga pengguna nya. Pertimbangkan lah faktor arsitektur berikut saat Anda mengembangkan atau mengevaluasi situs Anda.

Crawling (Perayapan)

Mesin pencari menggunakan perangkat lunak yang melihat dan membaca semua isi web – pada Google disebut Googlebot dan Bing disebut Bingbot – untuk membaca halaman situs Anda dan mengkompilasi salinannya dalam indeks yang dapat dicari.

Saat pencari memasukkan kueri, mesin pencari memindai indeksnya untuk memfilter dan memberi peringkat halaman yang relevan. Jika situs Anda tidak dapat dirayapi, itu tidak akan disertakan dalam indeks dan karenanya tidak akan terlihat di hasil pencarian.

Sebagian besar situs tidak mengalami masalah perayapan yang serius; namun, Anda tetap harus waspada terhadap faktor-faktor yang dapat memfasilitasi atau menghambat proses ini.

Tautan internal yang tidak benar, kecepatan pemuatan halaman yang lambat, kesalahan URL, permintaan akses pengguna, memblokir mesin pencari dengan nilai noindex dan menampilkan sesuatu yang berbeda dari yang Anda tunjukkan kepada pengguna dapat secara tidak sengaja mencegah situs Anda muncul di hasil pencarian.

Tips dalam Crawling

“Arsitektur informasi yang efektif dan sistem navigasi yang sesuai benar-benar membuat hasil pencarian web dan hasil pencarian situs lebih akurat.” – Shari Thurow, penulis dan pendiri dan Direktur SEO di Omni Marketing Interactive.

Sekarang Googlebot mendukung Chrome versi terbaru, lebih banyak aplikasi JavaScript dapat dirayapi oleh Google. Namun, Detlef Johnson, pakar SEO untuk Pengembang di Search Engine Land, menunjukkan, “Pembaruan Chromium ke Googlebot hanya relevan untuk Google. Ada mesin pencari lain yang ingin Anda gunakan dengan baik, dan mungkin saja di masa depan keadaan bisa berbalik  selain Google (walau mungkin tidak dalam waktu dekat), seperti saat-saat berbaliknya keadaan di saat dulu AltaVista hadir ketika Google muncul.”

“Dalam hal kemampuan perayapan, meskipun Google sekarang dapat merayap tautan JavaScript, Anda masih lebih baik hanya mengikuti sedekat mungkin dengan HTML biasa untuk kode paling penting untuk situs web Anda, yang tentu saja mencakup navigasi, jadi perayap dapat menemukan semua halaman Anda,” katanya.

Sebaliknya, ada langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk memaksimalkan “kemampuan perayapan” Anda (jumlah sumber daya yang akan dihabiskan mesin telusur untuk merayapi halaman Anda).

Memanfaatkan robots.txt, memberi tahu mesin telusur untuk tidak merayapi laman dengan parameter URL tertentu dan memverifikasi bahwa semua tautan Anda berfungsi dengan baik dapat membantu meningkatkan efisiensi perayapan. Menjaga peta situs HTML dan XML yang bersih dan terbaru juga dapat mempermudah mesin telusur untuk merayapi situs Anda.

 

Tampilan Mobile

Ramah seluler tidak hanya berarti bahwa situs Anda dapat dilihat di ponsel dan tablet, tetapi berarti situs Anda dibuat untuk manusia yang memiliki perangkat tersebut — dan mereka harus dapat mengakses semua yang dapat diakses oleh pengguna desktop.

Situs web Anda harus beradaptasi dengan perangkat yang digunakan untuk melihatnya. 

mobile

Sebagian besar penelusuran berasal dari perangkat seluler, dan mesin telusur telah menyesuaikan cara pengindeksan untuk merespons tren ini. Pada bulan Maret 2018, Google mulai menerapkan pengindeksan mobile-first secara luas, di mana ia menggunakan versi seluler web sebagai indeks mesin telusur utamanya.

Banyak CMS yang mendukung situs versi seluler, tetapi hanya memiliki situs seluler saja tidak cukup: berhati-hatilah untuk menghindari kesalahan umum termasuk, namun tidak terbatas pada, pengalihan yang salah, kecepatan pemuatan yang lambat, ukuran font yang tidak sesuai, elemen sentuh yang terlalu berdekatan dan interstisial yang menghalangi pengguna mengakses tujuan mereka. Banyak dari pertimbangan tersebut menjadi faktor dalam pengalaman pengguna Anda, yang penting untuk keramahan seluler.

Beberapa penerbit juga menawarkan aplikasi seluler. Jika itu termasuk manfaatkanlah Anda, manfaatkan pengindeksan dan penautan aplikasi untuk memungkinkan pengguna mengklik hasil penelusuran Anda dan melihat konten dalam aplikasi. Accelerated Mobile Pages (AMP) Google juga dapat diterapkan untuk mengirimkan konten Anda dengan cepat ke pengguna seluler.

Canonical

“Konten duplikat ada di mana-mana,” Patrick Stox, spesialis SEO di IBM, menunjukkan selama pembicaraan Wawasan di SMX Advanced. Anda hanya ingin satu versi halaman tersedia untuk mesin telusur. Disinilah peran canonical.

Jika dibiarkan, duplikat konten dapat mempersulit mesin telusur untuk mengetahui halaman mana yang harus dikembalikan untuk kueri. Ini juga dapat menyebabkan orang menautkan ke versi berbeda dari halaman yang sama.

Itu melemahkan nilai tautan itu — ukuran kepercayaan dan otoritas — dan melukiskan gambaran yang tidak akurat tentang betapa berharga dan relevannya suatu halaman sebenarnya bagi pencari.

“Dalam pikiran Google, mereka mencoba membantu orang dengan melipat halaman bersama-sama,” kata Stox, menjelaskan apa yang mungkin dilakukan oleh algoritma pencarian ketika mereka membuka.

arahkan konten duplikat. “Semua versi yang beragam ini menjadi satu. Semua sinyal berkonsolidasi ke satu halaman itu. Mereka sebenarnya mencoba membantu kita dengan melakukan itu.”

Mungkin nyaman untuk mengetahui bahwa mesin pencari mencoba mencari tahu kanonik untuk Anda, tetapi ketika klien Anda atau kesuksesan merek Anda sendiri bergantung pada pengoptimalan untuk pencarian, menggunakan tag kanonik, pengalihan, dan strategi pagination yang efektif dapat menawarkan tingkat kontrol yang lebih tepat. serta pengalaman pengguna yang lebih lancar.

“Tidak peduli apa, Google akan mencoba mencari tahu untuk Anda,” kata Editor Berita Search Engine Land Barry Schwartz, menambahkan, “Pertanyaannya adalah, apakah Anda ingin Google mencari tahu untuk Anda atau tidak? Atau, apakah Anda ingin mengontrol apa yang didefinisikan Google sebagai URL kanonik Anda?”

Kecepatan

Mengoptimalkan kecepatan situs “tidak akan pernah mencapai titik di mana Anda hanya memiliki skor yang Anda optimalkan dan selesai dengan itu,” kata Analis Tren Webmaster Google Martin Splitt tahun lalu.

Situs Anda harus dimuat dengan cepat baik pengunjung melihatnya di seluler atau desktop. Dan, karena kecepatan adalah faktor peringkat Google, situs yang lebih cepat akan memiliki keunggulan SEO (semua faktor lainnya dianggap sama).

Beberapa bulan setelah peluncuran luas pengindeksan seluler pertama Google pada tahun 2018, ia meluncurkan “Pembaruan Kecepatan” untuk pencarian seluler.

Seperti banyak faktor SEO lainnya, kecepatan terkait dengan pengalaman pengguna. Mempertahankan situs zippy dapat membantu mencegah pengunjung terpental dan meningkatkan tingkat keterlibatan dan konversi Anda. Gunakan alat seperti Google PageSpeed ​​Insights untuk mengidentifikasi area situs Anda untuk ditingkatkan.

HTTPS

Google telah mendorong situs web untuk bermigrasi ke server HTTPS untuk memberikan keamanan yang lebih baik kepada pencari. Ini memaksa masalah dalam beberapa cara, termasuk peringkat.

Pada tahun 2014, Google mulai memberikan sedikit peningkatan peringkat untuk mengamankan situs HTTPS/SSL. Pada bulan Juli 2018, browser Chrome mulai menandai halaman yang tidak menggunakan HTTPS sebagai tidak aman, secara efektif menjadikan HTTPS sebagai bagian dari pengalaman pengguna di situs Anda.

 Beberapa browser, seperti Chrome (ditampilkan di atas), akan menampilkan peringatan saat pengguna mengunjungi situs non-HTTPS.

“Google biasanya akan mengindeks HTTPS terlebih dahulu melalui HTTP,” Patrick Stox menjelaskan di SMX Advanced. “Jadi, jika Anda memiliki keduanya dan Anda tidak memiliki kanonik . . . biasanya, mereka akan memilih HTTPS jika mereka bisa.”

“Menggunakan HTTPS sebagian besar merupakan masalah pengalaman pengguna,” tambah Detlef Johnson. “Namun, masalah pengalaman pengguna itu penting karena orang-orang yang mungkin ingin melakukan e-niaga dengan situs Anda — jika mereka dihadapkan dengan peringatan keamanan, Anda mungkin baru saja kehilangan penjualan.”

Tips terkait https

“Satu hal yang sering saya lihat — dan ini sebagian besar benar untuk WordPress — ada aset yang diunggah ke sistem manajemen konten, sebelum pemilik situs beralih ke HTTPS, dan begitu banyak gambar yang mungkin menjadi bagian dari tata letak atau bagian dari posting lama di-host dengan ejaan yang sebelumnya, HTTP biasa. Meskipun aset tersebut mungkin teratasi dan Anda mungkin menampilkannya di halaman, disajikan melalui HTTPS, Anda masih akan mendapatkan peringatan yang mengatakan beberapa aset halaman ini tidak aman, yang mirip dengan ‘Oh, Anda’ punya halaman yang tidak aman.’”– Detlef Johnson, Search Engine Land

URL / Link

Ini bukan faktor peringkat utama, tetapi praktik yang baik adalah menggunakan kata deskriptif di URL halaman Anda untuk mesin telusur dan pengguna.

URL Anda muncul di laman hasil penelusuran, jadi memiliki URL yang mudah dipahami dapat memberikan gambaran yang lebih baik kepada penelusur tentang apa yang ada di ujung lain tautan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *