Pelajaran 2. Nilai Sebuah konten Pada Mesin Pencari

Konten harus menjadi prioritas pertama Anda ketika memikirkan SEO. Konten berkualitas adalah cara Anda menampilkan, menginformasikan, mendukung, dan menyenangkan audiens Anda. Membuat konten yang otentik dan bernilai bagi pembaca juga penting untuk menunjang visibilitas anda di mesin pencari. Karena itulah SEO diawali dari konten, dengan elemen nya tentang kualitas konten.

Baik itu artikel blog, halaman produk, halaman tentang, testimonial, video, atau apa pun yang Anda buat untuk audiens Anda, mendapatkan konten Anda dengan benar berarti Anda memiliki pondasi untuk mendukung semua upaya SEO Anda yang lain.

 

Kualitas Konten

“Pikirkan saja apa yang diinginkan pengguna dan pikirkan jika Anda berada di posisi mesin pencari, apakah Anda akan merasa nyaman mengirim pengguna ke situs web Anda sendiri?” kata Frédéric Dubut, manajer program senior yang memimpin Bing. “Apakah Anda merasa bangga untuk menjamin situs web itu dan menempatkannya di nomor satu untuk kueri yang diberikan?”

“Jika jawabannya ‘ya,’ maka di situlah banyak pekerjaan teknis dan SEO yang lebih tradisional dapat berperan. Tapi, jika jawabannya ‘tidak’, maka itu mungkin pertanda bahwa Anda perlu menambahkan nilai lebih bagi pengguna sebelum Anda mulai memikirkan hal-hal teknis.”

Menyediakan konten yang substantif, bermanfaat, dan unik kepada pengguna adalah hal yang mendorong mereka untuk tetap berada di halaman Anda, membangun keakraban dan kepercayaan. Apa yang merupakan kualitas tinggi akan tergantung pada sifat konten dan bervariasi berdasarkan jenis konten dan industri.

Pada pedoman Evaluator Kualitas Penelusuran Google (bagian 5.1) ( Search Quality Evaluator Guidelines ) google  mengelompokkan karakteristik konten berkualitas tinggi menurut jenisnya:

  1. Konten informasi harus akurat, komprehensif, asli dan disajikan secara profesional.
  2. Konten artistik harus orisinal, unik, dan menyampaikan keterampilan tingkat tinggi.
  3. Konten berita harus mendalam, dikutip dengan baik, akurat, dan berisi pelaporan asli.

Situs yang bermuatan  berita dan informasi profesional (kesehatan, psikologi dll) perlu memberikan perhatian khusus pada standar ini karena algoritme Google dapat memberi bobot lebih pada sinyal otoritas, keahlian, dan kepercayaan (E-A-T , “expertise, authoritativeness and trustworthiness” ).

Konten adalah landasan upaya SEO Anda dan bukan tempat untuk berhemat. Membuat konten dan berinvestasi dalam nya adalah strategi yang sangat penting untuk kesuksesan SEO Anda karena hampir semua faktor lain nya nanti bergantung pada kualitas konten.

 

Riset Konten

Meneliti kata kunci (istilah pencarian yang digunakan audiens target Anda) mungkin merupakan faktor SEO terpenting setelah membuat konten yang bagus. Ini akan membantu Anda mengembangkan konten yang “menjawab” apa yang dicari orang. Penelitian kata kunci juga dapat memberikan manfaat di luar peringkat untuk kueri tersebut.

“Memahami bahasa yang digunakan pelanggan sangat penting,” kata Eric Enge,  mantanSEO dan manajer umum di perusahaan konsultan Perficient Digital, “itu membuat Anda jauh lebih menyenangkan ketika Anda berbicara dengan cara mereka berbicara, dan itu tidak akan terjadi. perubahan. Jadi, penelitian kata kunci bagi saya sangat, sangat penting dan ada cabang baru di mana cara Anda menerapkan penelitian kata kunci mungkin berkembang, tetapi kebutuhannya tidak.”

Riset kata kunci dapat memberi Anda wawasan tentang sifat poin dan kebutuhan audiens Anda — apakah itu navigasi, informasi, atau transaksional — minat mereka, jumlah minat di luar sana (ditunjukkan oleh volume pencarian), tingkat persaingan untuk kueri tersebut , dan bahkan format yang mereka sukai dari informasi tersebut.

Setelah Anda mengevaluasi kata kunci mana yang layak, gunakan kata kunci tersebut untuk menginformasikan pembuatan konten Anda dan memasukkannya ke dalam konten itu sendiri sehingga audiens Anda memiliki peluang lebih tinggi untuk menemukan Anda di hasil pencarian.

 

Tips meriset konten

“Pertimbangkan untuk mengklasifikasikan kata kunci berdasarkan tujuannya: informasional, transaksional, navigasi, atau lokal. Rujuk silang kata kunci potensial Anda dengan peringkat saat ini di hasil pencarian untuk melihat jenis hasil yang dipilih Google untuk ditampilkan untuk setiap kueri. Google dapat menetapkan maksud yang berbeda untuk kata kunci dari yang Anda harapkan; misalnya, mengetik “bakso” sebagian besar menghasilkan hasil pencarian bakso lokal di sekitar Anda — jadi strategi lokalisasi produk mungkin diperlukan untuk bersaing memperebutkan kata kunci tersebut. Memahami jenis konten apa yang ditampilkan Google untuk berbagai kata kunci yang Anda teliti membantu memperjelas jenis konten apa yang perlu Anda buat dan halaman mana yang memenuhi syarat untuk diberi peringkat untuk istilah tersebut.” –Lily Ray, direktur SEO, Path Interactive

 

Kata kunci

Setelah Anda meneliti kata kunci yang digunakan audiens Anda untuk menemukan Anda, sertakan kata kunci tersebut di dalam isi konten Anda, subjudul, dan judul Anda — tetapi tidak dengan mengorbankan keterbacaan dan kejelasan makna kata, kalimat dan paragraf

Sederhananya, pertimbangkan kata-kata yang Anda inginkan agar halaman Anda ditemukan dan gunakan secara alami.

“Triknya tidak berbicara dalam hal apa yang akan diketik oleh pencari ke dalam kotak pencarian, tetapi berbicara dalam hal apa yang ingin dibaca oleh pencari,” Editor Berita untuk Mesin Pencari Land Barry Schwartz menjelaskan,bahwa penting  memberikan perbedaan antara bahasa yang digunakan dalam kueri penelusuran dan konten yang diharapkan pengguna untuk memunculkan kueri mereka.

“Saya pikir Anda tidak perlu memikirkan apa itu kueri. Jadi, misalnya, saya menulis cerita tentang Google Search Console menambahkan pemberitahuan tentang penghapusan arahan noindex untuk file robots.txt,” kata Schwartz. “Dulu, saya mungkin akan benar-benar memasukkan baris subjek pemberitahuan Search Console itu langsung di judul karena orang akan menyalin dan menempel baris teks itu dan mencoba mencarinya untuk menemukan informasi lebih lanjut. . Sekarang, Google jauh lebih mudah dan lebih pintar dalam hal ini dan Anda tidak perlu khawatir untuk melakukan pencocokan kata kunci yang tepat pada kueri — Google jauh lebih pintar untuk memperluasnya.”

Ingatlah selalu bahwa Anda menulis untuk pengguna terlebih dahulu dan mesin telusur menjadi jauh lebih baik dalam memahami bahasa alami. Buang gagasan tentang formula “kepadatan kata kunci” untuk meningkatkan peringkat Anda.

 

Kesegaran konten

Mesin pencari menyukai informasi “segar” yang tepat waktu, terkini istilah umumnya adalah uptodate.

Namun itu tidak berarti Anda bisa mengakalinya dengan dapat membuat pembaruan dan perubahan kecil pada halaman lama Anda. Tindakanseperti memperbarui tanggal publikasi, atau terus-menerus membuat halaman baru yang berkualitas rendah untuk mendapatkan peningkatan kesegaran malah akan berbahaya.

Jika Anda hanya memiliki sumber konten yang menua atau jadul , Anda harus dapat memperbaikinya atau tidak membuat  halaman yang berisikan informasi yang kedaluwarsa. Hal itu akan membuat situs Anda lebih bermanfaat bagi pemirsa dan juga menunjukkan kepada mesin telusur bahwa konten Anda terpelihara dengan baik.

Google juga telah lama menerapkan apa yang disebutnya Query Deserved Freshness (QDF) sebagai faktor peringkat konten untuk jenis kueri tertentu. Jika permintaan pencarian tiba-tiba menjadi populer — “hujan” ketika musim hujan, misalnya — Google akan menerapkan QDF ke pencarian tersebut dan hasilnya akan berubah untuk mencerminkan cerita, berita, dan informasi tentang topik tersebut. Ini juga berlaku untuk cuplikan unggulan.

Anda mungkin dapat memanfaatkan informasi terbaru yang segar untuk meningkatkan visibilitas Anda di halaman hasil dengan membuat konten yang berkaitan dengan tren populer, acara atau liburan mendatang, dan berita terkini. Namun, ketahuilah bahwa peningkatan terkait QDF dapat mereda seiring waktu dan halaman Anda mungkin terkocok lebih dalam di hasil pencarian.

 

Tips Konten yang segar

“Melihat berita dan Google trend — hal-hal seperti itu dapat membantu memberi Anda ide topik yang segar untuk isi konten Anda. Ketika berita masih segar, kemungkinan besar tidak semua topik/bidang telah diliput seperti biasanya cerita berkembang. Itu memberi Anda kesempatan untuk menulis tentang sudut tertentu yang belum dibahas. Ini tidak harus menjadi pendapat yang sangat kontroversial, tetapi lebih kepada memberi orang lebih banyak hal untuk dipikirkan. Ini bisa berguna untuk mendapatkan keterlibatan dan berpotensi mendapatkan beberapa backlink yang bagus.” –Itamar Blauer, SEO dan pemasar video

 

Konten berisi jawaban atas pertanyaan

Ada nilai luar biasa dalam menjawab pertanyaan pengguna secara eksplisit di halaman Anda. Pertama, Anda membuat konten yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan audiens Anda. Kedua, mesin pencari semakin berusaha menampilkan jawaban langsung di hasil pencarian. Jika Anda menjawab pertanyaan dengan cukup baik, halaman Anda mungkin ditampilkan sebagai cuplikan unggulan atau dikembalikan sebagai hasil penelusuran suara di Asisten Google.

Penelitian menunjukkan bahwa lebih dari setengah pencarian Google berakhir tanpa klik ke konten lain, dan itu sebagian karena mesin pencari ingin memuaskan pengguna dengan menyelesaikan pencarian mereka tepat di halaman hasil. Beberapa dari jawaban tersebut dilisensikan (seperti halnya dengan lirik musik) dan beberapa diambil langsung dari halaman web dengan tautan untuk atribusi.

Cuplikan unggulan terkadang disertakan, seperti yang terjadi di sini.

italia winner ouro 2020

Mengoptimalkan konten Anda untuk cuplikan unggulan dan jawaban langsung dapat menghasilkan lebih banyak visibilitas daripada hasil penelusuran organik standar, dan hal itu juga dapat meningkatkan peluang hasil penelusuran suara.

Keputusan untuk berinvestasi dalam konten yang dapat diubah menjadi jawaban di halaman hasil pencarian harus ditentukan oleh peningkatannya

sed visibilitas berarti untuk merek Anda. Jika Anda ingin meningkatkan kesadaran merek, investasi itu dapat dibenarkan; jika Anda ingin mengarahkan lebih banyak lalu lintas, Anda harus mengevaluasi apakah pengguna cenderung mengeklik setelah melihat jawabannya.

 

Tips konten berisi jawaban pertanyaan

“Setiap kali saya menulis posting yang berkaitan dengan pertanyaan tertentu, saya mencoba membuat jawabannya dapat diakses oleh pembaca dengan menambahkan H2 di dalam posting. Aksesibilitas itu penting, tetapi memastikan pembaca tetap berada di tempat yang benar-benar penting. Baru-baru ini saya menulis artikel berjudul Solusi Google untuk hasil pencarian yang didominasi oleh Skema FAQ. Saya menyelidiki kendala seputar perawatan SERP yang muncul di hasil pencarian, dengan kuncinya adalah bahwa Google hanya akan menampilkan maksimal 3 hasil kaya, muncul di halaman pertama saja. Jawabannya diberikan dengan cepat, tetapi saya menambahkan beberapa baris langsung setelahnya untuk mendorong pembaca melanjutkan.

Sulit untuk mengatakan apakah ini bekerja dengan baik karena saya tidak memiliki akses ke Analytics untuk SEL, tetapi senang melihat Google menampilkan beberapa teks ini dalam Cuplikan Unggulan. Kalau saja ini adalah teks default yang akan disertakan untuk semua hasil…” –Brodie Clark, Brodie Clark Consulting

 

Kedalaman Isi Konten

“Konten di situs Anda harus cukup dalam untuk menjawab pertanyaan pengguna dengan cara yang ‘substansial, lengkap, atau komprehensif’, seperti yang dikatakan oleh pos saran pembaruan inti Google,” saran Barry Schwartz, editor berita untuk Search Engine Land.

“Apakah Anda memberikan ‘analisis mendalam atau informasi menarik yang tidak terlihat?’ Apakah itu berisi informasi asli? Apakah informasi itu diteliti dan faktual? Anda ingin memastikan konten Anda memberikan nilai substansial bila dibandingkan dengan halaman lain dalam hasil pencarian, karena itulah jenis konten yang ingin Google rangking di bagian atas hasil pencariannya.”

Bagian yang sulit adalah mencari tahu seberapa teliti konten Anda seharusnya. Seperti disebutkan di atas, Anda ingin memberikan nilai lebih dari pesaing Anda, tetapi itu tidak berarti Anda harus mengeluarkan lebih banyak kata untuk mencapai jumlah kata yang sewenang-wenang. Beberapa pertanyaan, seperti “apakah mamalia darat tercepat,” memiliki jawaban yang relatif mudah, seperti di mana pertanyaan lain, seperti “mengapa cheetah tercepat,” mungkin memerlukan penjelasan yang lebih mendalam. Pertimbangkan kueri, preferensi audiens Anda, dan penawaran pesaing Anda saat memutuskan seberapa dalam untuk menyelam.

 

Tampilan Multimedia pada kontent

Teks adalah fondasi tempat internet dibangun, tetapi itu tidak berarti secara universal merupakan media terbaik untuk konten Anda. Format lain juga dapat memberikan eksposur tambahan dalam hasil pencarian. Pertimbangkan untuk menggunakan gambar, video, audio, atau format lain yang menarik bagi audiens Anda dan membedakan merek Anda dari pesaing.

Setelah Anda menentukan format yang terbaik untuk pengguna Anda, optimalkan multimedia Anda serta halaman yang Anda sematkan di dalamnya agar lebih mudah ditemukan. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan jaringan pengiriman konten (CDN) untuk melayani multimedia Anda dan mengambil sebagian beban dari server Anda. Ini dapat mengurangi waktu pemuatan, yang sangat bagus untuk kecepatan situs dan pengalaman pengguna Anda.

Format apa pun yang Anda gunakan, Anda tetap ingin menggunakan teks deskriptif untuk melengkapi konten Anda dan memberikan konteks ke mesin telusur dan pengguna. Jika itu video atau podcast, Anda dapat menambahkan transkrip. Jika itu gambar, gunakan teks alternatif dan teks. Anda juga dapat menandai multimedia Anda dengan data terstruktur untuk meningkatkan kemungkinan dikembalikan sebagai hasil kaya.

Namun, jangan berlebihan. Terlalu banyak hal yang baik — seperti GIF, misalnya — dapat mengganggu, yang pada akhirnya tidak sesuai dengan tujuan Anda

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *