Fortnite, Free Fire dan PUBG, mari Bertarung nyawa dan kegembiraan di game Battle royale Terbaik 2022

Panduan dan tuntunan awal memasuki dunia permainan yang dinikmati jutaan gamer dunia

 

Bagi Anda yang ingin menghibur diri dan mendapatkan kegembiraan bahkan mungkin prestasi profesional, game Fortnite, Free Fire dan PUBG  dapat dijadikan pilihan. Berjuta gamers diluar sana rela menghabiskan waktu bahkan uang untuk mengasah kemampuan nya demi meraih kemenangan yang mengasyikkan di game battle royale terbaik 2022 tersebut 

Battle royale keseruan dan kegembiraan tiada akhir

Rumus keseruan dalam dunia game pada dasarnya cukup mudah. Cara nya adalah dengan konsep permainan yang memacu dan memompa  hormon adrenalin. hormon yang dihasilkan secara alami di dalam tubuh. Hormon yang didapat dengan memaksa pemain seakan-akan mengalami situasi berbahaya seperti bertaruh nyawa antara hidup dan mati. serta dalam posisi tertekan. Mabuk adrenalin itulah  yang secara tidak sadar dicari dan dikejar banyak orang. Ada yang mencari nya di olahraga ekstrim namun lebih banyak lagi lewat memainkan Game online seperti game bergenre Battle of royale.

Konsep permainan menjamin keseruan permainan

Game battle royale adalah genre video game multipemain online perpaduan gameplay last-man-standing dengan elemen bertahan hidup, eksplorasi, dan perburuan. Game battle royale melibatkan puluhan hingga ratusan pemain, yang memulai dengan peralatan minimal dan kemudian harus melenyapkan semua lawan lainnya, sambil menghindari terjebak di luar “zona aman” yang terus menyusut. Pemenangnya adalah pemain atau tim terakhir yang masih hidup.

semangat kompetisi dan petualangan dalam menjelajahi “map” menjadi bumbu penyedap permainan seru yang sering membuat lupa waktu ini. Ditambah dengan interaksi sosial secara online membuatnya makin digandrungi banyak gamer.

 

Asal-usul fenomena game yang mendunia 

Genre game yang fenomenal ini   terinspirasi dari sebuah film Jepang tahun 2000 arahan sutradara Kinji Fukasuka, Battle Royale(Batoru Rowaiaru). Film ini diangkat dari novel karya Koushkun Takami dengan judul yang sama. Dengan mengusung tema berupa kompetisi last-man-standing di dalam zona permainan  yang makin lama makin mengecil. Alur dan plot cerita yang menegangkan namun mengasyikkan, membuat film ini laku keras dan diminati banyak penggemarnya

 

Di dunia game sendiri  genre ini awalnya muncul dari mod untuk game survival online skala besar seperti Minecraft dan ARMA 2 di awal 2010-an. Sampai pada akhir nya menjadi fenomena besar yang mengglobal  dengan hadirnya game  seperti PUBG: Battlegrounds (2017), Fortnite Battle Royale (2017), Garena free fire (2017) 

 

Fortnite, Free Fire dan PUBG Pilihan terbaik dari banyak pilihan

Dari banyak game bergenre battle royale  sangatlah layak untuk memilih Fortnite, Free Fire dan PUBG sebagai pilihan  utama . Ketiganya memiliki keunggulan tersendiri yang membuat nya wajib di mainkan oleh semua orang. Baik dimainkan pemain game profesional maupun penikmat game amatiran. Kegembiraan saat meraih kemenangan yang tak terbatas, atau hanya untuk mendapatkan kegembiraan bersosialisasi di dunia maya lewat game

 

Mari hanyut dalam alur permainan seru

Ketiga game ini,  mengusung garis besar alur permainan yang sama.  Sekelompok pemain yang dipaksa turun ke sebuah daratan atau pulau besar. Selama beberapa menit berikutnya mereka kembali terus dipaksa untuk mencari dan menemukan  lokasi dan bangunan dimana senjata dan peralatan yang berguna dapat ditemukan dan diambil. Semuanya dikumpulkan karena sangat dibutuhkan untuk modal sebelum bertempur sampai mati nantinya. 

Untuk lebih memaksakan semangat kompetisi, saat pertempuran berlangsung area yang dapat dimainkan akan berkontraksi, makin mengecil. Kondisi yang tentunya memaksa para pesaing jadi lebih rapat. Orang terakhir yang tegak berdiri di akhir akan berjaya dan meraih kemenangan mutlak.

 

Telur emas Perusahaan pengembang game

Keajaiban dan keseruan dunia battle royale,  merupakan pasar berharga yang sangat menggiurkan. Genre game pilihan yang saat ini dinikmati oleh lebih dari 200 juta orang di seluruh pelosok dunia. Potensi pasar yang besar itu membuat kompetisi antar pengembang game berlangsung seru dan keras. Semuanya berupaya memberikan yang terbaik dan disukai gamer.

 

Sejarah Kehadiran Fortnite, Free Fire dan PUBG

Semua keseruan yang dirasakan gamer sekarang ini, diawali dengan game “Day Z: Battle Royale”. Sebuah modifikasi dari game survival zombie DayZ yang dikembangkan oleh desainer game “Brendan Greene”, yang kemudian dimodifikasi dalam rilis game “Battle Royale PlayerUnknown”. 

Popularitasnya yang menanjak cepat kemudian menarik perhatian pengembang game Korea Bluehole, yang berkolaborasi bersama Greene. Saat itu Geene ditugasi untuk mengawasi pengembangan game berikutnya. Akhirnya PUBG diluncurkan dalam versi beta pada awal 2017. Saat ini lebih dari  70 juta pemain tercatat di data penjualan PUBG di akhir 2021.

 

Melihat kesuksesan itu, Epic Games pun ikut merilis versi battle royale gratis dari game online Fortnite yang mereka sudah miliki sebelumnya. Epic Games sendiri adalah perusahaan pengembang Game dari amerika serikat. Fortnite adalah game yang bergaya visual kartun dan dengan elemen konstruksi Minecraft. Semua itu mereka mulai di  September 2017. Tahun berikutnya, game ini menghasilkan $2,4 miliar dari transaksi semua pemain nya. tercatat lebih dari 270 juta gamer yang memainkan keseruan Fortnite.

fornite chapter 3Free Fire dari Asia merajai dunia

Kesuksesan dua raksasa game PUBG dan Fortnite itu membuat pengembang game Garena asal asia pun juga ingin ikut menikmati manisnya game bergenre battle royale ini. Meskipun Free Fire adalah game pertama dari Garena, sebenarnya mereka telah  ada selama lebih dari satu dekade sebagai platform game dan penerbit game untuk  PC dan seluler di kawasan Asia Tenggara. Dengan kata lain karena itu lah mereka begitu sangat memahami keinginan dan gaya pemain game di asia khususnya.

 

Alasan utama Free Fire begitu sukses menyamai bahkan sangat unggul, terutama di kawasan seperti Asia Tenggara, India, dan Amerika Latin adalah karena, tidak seperti PUBG dan Fortnite, Free Fire dibuat dan dioptimalkan khusus untuk penggunaan smartphone seluler.

 

Sudah bukan rahasia lagi bahwa lebih banyak gamer di banyak tempat yang tidak memiliki konsol game canggih yang mahal atau PC dengan spesifikasi khusus game. Gamer yang  lebih memilih atau “terpaksa” bermain hanya di smartphone. Selain itu pula, smartphone yang mereka miliki pun bukan iPhone atau perangkat Android yang memiliki spesifikasi tinggi. Free Fire benar-benar dirancang dan dibuat dengan mempertimbangkan hal tersebut. Tidak heran 150  juta gamer aktif di free fire.

 

Free Fire yang menghadirkan perbedaaan besar

Free Fire dapat dimainkan di hampir semua perangkat seluler yang memiliki RAM 1GB. Berbanding dengan  PUBG Mobile membutuhkan 2GB dan Fortnite membutuhkan 3GB. Free Fire  juga cukup membutuhkan ruang penyimpanan sebesar 1GB dibandingkan, PUBG Mobile yang membutuhkan 1,5GB dan Fortnite, 2GB.

Meskipun gaya visual dan pengaturan alur cerita dari game-game ini sangat berbeda, keempat raksasa genre ini memiliki persamaan umum terutama di peta pertempuran dimana semua keseruan terjadi . pengaturan dan tata letak gedung dan dataran diatur sedemikian rupa agar gamers tetap kompetitif.

freefireTetapi ada pembeda terbesar antara Free Fire dan kedua game lainnya. Pembedanya adalah dalam fitur adalah penggunaan karakter dengan kemampuan atau skill tertentu. Pemain dapat membeli atau mendapatkan karakter serta mengembangkannya dengan menggunakan fragmen / kelengkapan tambahan. Hasilnya keterampilan Gamer, tidak terlalu memiliki efek signifikan pada alur permainan. Kondisi itu membuat mereka terpacu untuk mencari dan membeli karakter dan variasi keahlian. Sebuah ladang uang yang dimanfaatkan dengan baik oleh garena

tuntutan hardware perangkat yang cukup rendah membuat game ini dapat dimainkan dengan mudah di banyak perangkat murah . pergerakan pertempuran dapat dilakukan dengan mudah dan makin dirasa saat berjalan atau menggunakan kendaraan dalam permainan. Kontrol permainannya yang sederhana jauh dari kesan rumit. 

Durasi permainan yang relatif singkat membuatnya jadi pilihan game yang dimainkan saat sedang memiliki aktivitas lain yang dikerjakan bersamaan waktunya saat bermain. 

 

Fortnite, raksasa yang tak tergantikan

Fortnite sebenarnya masih menjadi game battle royale yang sulit untuk dikalahkan . Semua itu disebabkan mereka memiliki banyak hal yang lebih baik dibandingkan yang lain. Didalamnya termasuk mode permainan yang dapat dipilih untuk di kostumisasi, tampilan grafik yang lugas dan cerah serta segar. Sistem konstruksi sistem game  yang sangat baik , dan basis pemain yang cukup besar juga jadi nilai tambahnya. 

Sayangnya, alur pertempuran yang ada terkesan monoton. Namun karena Fortnite adalah game gratis untuk dimainkan, penggemar genre Battle royale wajib mencobanya. Sistem permainan yang simple dan praktis akan membuat nya mudah di mainkan.

Jika tertarik mencobanya gamer wajib memiliki akun Epic Games. Yang perlu dilakukan hanyalah mendaftar dengan menggunakan  alamat email. Kemudian, gamer dapat mengunduh Fortnite secara gratis dari Epic Games Store. Unduhan Game ini sekitar sebesar 20GB untuk PC dan sedikit lebih kecil untuk versi mobile nya. 

jadi mungkin perlu beberapa saat untuk menunggu proses download dan menginstalnya. jika memiliki koneksi internet yang lambat, mungkin kesabaran adalah modal besar yang harus dimiliki.

Meskipun di Fortnite Gamer dapat langsung beraksi tanpa biaya dan bisa tetap memenangi pertempuran dengan hanya bermodal keahlian dan kelincahan, tetap ada opsi berbayar. Opsi untuk memoles karakter yang digunakan agar lebih menarik dipandang selama pertempuran. Sangat lah banyak keseruan yang bisa ditemui saat bertempur di sini bila dibandingkan dengan PUBG dan Free Fire. Walau memang butuh waktu untuk belajar dan menyelaraskan keahlian anda selama permainan.

Fortnite rajanya multi platform

Saat ini, Fortnite tersedia cukup lengkap di banyak platform game. Bisa dimainkan di Mac, PC, PlayStation (4 dan 5), Xbox One (S, X, dan Series X atau S), Nintendo Switch, dan Android. 

Karena kekisruhan sengketa hukum  terkait uang yang sedang berlangsung antara Apple dan Epic Games, Fortnite tidak lagi tersedia resmi App Store. Meskipun begitu game ini tetap dapat memainkannya lewat platform streaming game GeForce Now Nvidia di perangkat apple. 

Yang paling utama keunggulannya yang dicari gamer adalah Kemampuan cross-play Fortnite. Sistem yang memungkinkan Gamers untuk berpindah di seluruh platform permainan seperti di PC, Xbox, PlayStation, dan Switch. Sayangnya “Mode Save the World” tidak tersedia di perangkat seluler atau Nintendo Switch.

Tuntutan tinggi hardware untuk performa jempolan

Spesifikasi hardware yang tinggi menjadi tuntutan game ini agar dapat dimainkan dengan lancar. Semua itu dibayar tuntas dengan performa game nya yang sangat unggul, game ini sangat baik ketimbang rivalnya yang lain. Rendering grafiknya sangat lah baik tanpa adanya frame drop ataupun stuttering yang mengganggu. bahkan pada saat pertempuran besar yang dilakukan banyak player semuanya berjalan dengan lancar. Semua itu dikarenakan penggunaan optimal ”Unreal Engine” sebagai game engine yang sungguh memaksimalkan performa hardware.

Komunitas global online fortnite merupakan komunitas besar yang menjadi keasikan sendiri untuk dapat aktif dan bersosialisasi. Membuat semua pencapaian dan jalan permainan lebih dapat dirasa euforia nya. 

 

PUBG game realistis yang memukau

Bila anda mencari game battle royale yang memiliki grafis permainan yang realistis da berharap game yang menggambarkan lingkungan nyata, PUBG adalah pilihan nya.

pubg

Landscape pertempuran yang diambil dari lokasi-lokasi pilihan di dunia nyata, serta kehadiran senjata-senjata nyata yang juga digunakan dalam pertempuran nyata. Semua itu membuat PUBG memberikan pengalaman seru dan menjanjikan sensasi adrenalin tersendiri. Bersiaplah terserang candu pertempuran yang akan menagih waktu anda di kehidupan nyata.

Mengedepankan keahlian tanpa melupakan gaya

Medan dan hawa pertempuran realistis dapat dihadirkan. Hal yang tidak mungkin didapat dan ditemui pada dua kompetitor lain-yang sudah dibahas sebelumnya. Keahlian dan kelincahan jari jemari dituntut dimiliki gamer untuk memenangkan setiap pertempuran. Jika ingin lebih membuat karakter permainan menjadi lebih personal, pembelian skin dan tools tambahan bisa dilakukan. Uang yang dibakar di sini membuat karakter gamer menjadi unik dan tampil beda menyemarakkan pertempuran sengit yang terjadi.

PUBG memanjakan gamer yang ingin mengembangkan keahlian dan keterampilan dalam permainan. Opsi training atau pelatihan dan pilihan mode permainan yang dihadirkannya, mampu mengasah gamer menjadi lebih baik, sesuai dengan bertambahnya jam permainan.

Mengedepankan realitas dan keadilan

Gamer akan diberlakukan adil dalam permainan. Pembagian dan pengkasifikasian kemampuan dibagi dengan rata dalam jalannya skenario pertempuran.

Strategi yang matang sangat diperlukan untuk meraih kemenangan. hal yang simpel tapi penting seperti menunggu deru suara pesawat yang melintas untuk melangkah kaki agar tidak terdengar oleh lawan. Melemparkan granat asap untuk membingungkan lawan atas posisi kita di medan pertempuran juga menjadi strategi jitu yang dapat dicontohkan. 

Pertempuran menjadi berkesan realistis membuat jalan cerita menjadi menyenangkan dan memberikan kesan tersendiri. walaupun mungkin untuk para gamer yang hanya mengejar kesenangan akan sedikit merasa kesulitan di awal nya.

Realistisnya game ini membuat beberapa gamer merasa bermain PUBG sangat kaku, seperti saat menjelajahi landscape pertempuran. Jalan permainan yang cukup lama membuat terkadang waktu berjalan sangat panjang. ketidakpastian dalam setiap permainan membuat pertempuran jadi makin realistis. Sayang nya itu menjemukan sebagian gamer. Padahal ketidakpastian itu membuat permainan menjadi lebih menantang karena semua nya kembali ke keahlian saat bermain 

Kalau bisa semua kenapa memilih satu

Yakinlah bila memilih salah satu game atau bahkan ketiganya  sebagai tempat melabuhkan waktu luang atau waktu bersenang-senang gamer dijamin  tidak akan menyesalinya. 

Asalkan bisa mendisiplinkan waktu bermain banyak manfaat yang bisa diambil dari game bergenre battle royal khususnya Fortnite, Free Fire dan PUBG.

Manfaat positif bermain game

Salah satu manfaat bermain game jenis ini menurut salah satu penelitian adalah bahwa memainkannya dapat membantu meningkatkan kualitas suasana hati dan membuat ritme jantung lebih baik. Semua itu menandakan bermain Fortnite, Free Fire dan PUBG dapat membantu menghilangkan stres. Korelasi positif antara video game dan stres telah tercermin dalam banyak penelitian  lain. Itulah sebabnya video game telah digunakan dalam terapi selama lebih dari satu dekade.

Bermain game ini pun bahkan mampu meningkatkan produktivitas kerja karena game dapat menginspirasi  pemainnya untuk lebih gigih dalam berkreasi serta berkegiatan. Dengan video game, gamer dapat menang dengan terus mencoba sambil belajar dari kesalahan sampai waktu kemenangan dicapai. 

Karena itu lah, beberapa peneliti dan pendidik berpendapat bahwa video game dapat mengajar orang untuk lebih percaya diri dan bekerja menuju tujuan mereka. Bermain game menjadikan setiap kesalahan yang didapat hanya sebagai sebuah langkah awal sebagai sebuah kesempatan belajar

Penutup

Walau bagaimanapun semuanya ibarat mata pisau. Apakah gunakan dengan baik atau digunakan dengan ceroboh dan tidak bertanggung jawab. Game bagaimanapun adalah alat hanya. nilai positif nya tergantung penggunanya yang seharusnya mampu bertanggung jawab atas tindakannya.

Selamat bermain Fortnite, Free Fire dan PUBG. raihlah prestasi maksimal dengan merasakan keseruan sensasi adrenalin yang menggembirakan